• Pertanian (Pelatihan Pengolahan Kacang)



    Arosbaya, Bangkalan – pelatihan pengolahan kacang tanah merupakan program kerja utama dari KKN Kelompok 60 universitas trunojoyo madura. Karena kacang merupakan komoditi terbesar pada desa Mangkon. 

    Ada beberapa produk berbahan dasar kacang yang menjadi topik pelatihan pengolahan kacang, yaitu kacang coklat, es pisang coklat kacang, dan bubur kacang tanah. Kacong Arosbaya atau Kacang Coklat Arosbaya merupakan produk unggulan dari beberapa produk yang berbahan dasar kacang yang telah disebutkan.

    Tujuan program pengolahan kacang coklat adalah untuk memanfaatkan hasil tani kacang tanah yang ada di desa mangkon,mengingat kebanyakan warga setelah panen kacang tanah langsung dijual ke pasar dalam bentuk mentah atau tidak diolah. Ibu Mae, salah satu warga desa Mangkon mengatakan bahwa kacang tanah yg dijual mentah di pasar harga per kilo hanya Rp. 22.000,-. Maka, untuk meningkatkan nilai harga kacang tanah, KKN Kelompok 60 universitas trunojoyo madura berinisiatif untuk melakukan pelatihan ini agar warga desa mangkon memiliki pengetahuan mengolah kacang tanah menjadi produk yang bernilai harga tinggi dan juga dapat meningkatkan perekonomian warga di desa Mankon.
    Kegiatan pelatihan pengolahan kacang dilaksanakan di dua dusun yaitu dusun Mangkon selatan dan dusun Mangkon Utara pada tanggal 17-21 Juli 2016 disambung pada tanggal 27,29 Juli 2016 dan 02 Agustus 2016.

    Dari pelatihan pengolahan kacang yang telah dilakukan dengan warga, banyak warga yang termotivasi untuk membuat produk olahan kacang yang serupa dengan yang diajarkan pada saat pelatihan. Dan juga sudah ada beberapa warga yang mulai memasarkan produk tersebut di pasar terdekat.
  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.